Laman

Minggu, 22 Juli 2012

Tips agar Flasdisk menjadi tahan lama


Saat ini terdapat banyak media penyimpanan data eksternal yang memiliki ragam bentuk dan ukuran data seperti memori chip, hardisk eksternal dan flashdisk tentunya. Namun untuk alasan praktis , rupanya flashdisk masih menjadi pilihan bagi kebanyakan orang walaupun sekarang sudah banyak bermunculan hardisk eksternal berbagai macam merk dan jelas-jelas memiliki ruang penyimpanan data yang jauh lebih besar dibanfingkan flashdisk. Hal ini dikarenakan bentuknya yang kecil sehingga mudah dibawa serta penyimpanan, seperti dapat diselipkan pada saku.

Tentunya selain memiliki kelebihan seperti telah disebutkan tadi, flashdisk ternyata bisa menjadi rentan mengalami kerusakan apabila pemakai kurang memahami sifat dari flashdisk dan kebiasaan dalam penggunaan ditambah lagi hal lain yang dapat mempengaruhi usia flshdisk tersebut.

Untuk itulah artikel ini disajikan untuk membantu bagaimana merawat dan menjaga agar Flashdisk menjadi tahan lama:


1. Hindari terkena air.

Jauhkan flashdisk agar janagn terkena air, kehujanan bahkan terendam adalam air. Hal seperi diatas dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen di dalamnya sehingga dapat berakibat tidak bisa terbaca data yang berarti hilangnya data selamanya. Memang ada beberapa merk yang berani mengklaim bahwa produknya anti-air, namaun langkah paling aman adalah menjauhkan flashdisk dari terkena air.

2. Hindari dari pengaruh medan magnet yang kuat.

Usahakan menaruh flasdisk pada saat tidak digunakan di tempat yang aman dari pengaruh medan magnet yang kuat, diantaranya TV, HP dan Speaker berukuran Besar. Banyak dari kita dengan alasan mudah dijangkau dan mudah mengingat sering meletakkan barang-barang berukuran kecil seperti kunci termasuk flasdisk diatas TV. nah, disinilah yang keliru. Flashdisk sebaiknya jangan diletakkan disana, karena TV memiliki pengaruh medan magnet yang sangat kuat. Begitu juga meletakkan flashdisk menjadi satu dengan HP jangan dilakukan, seperti menyimpan flshdisk dan HP di saku yang sama.

3. Biasakan mencabut flashdisk pada saat sudah aman

 
















Biasanya selalu mencabut flashdisk dari colokannya (USB Port) setelah selesai digunakan dengan melalui proses eject yang benar. Lakukan selalu dengan melakukan stop pada bagian "Safely Remove Hardware" dari komputer dan cabutlah setelah ada pemberitahuan "Safe To Remove Hardware" muncul pada layar monitor. Hal ini dilakukan agar tidak mempengaruhi file-file data yang tersimpan di dalamnya. Flashdisk yang belum siap dicabut biasanya karena masih terdapat proses yang sedang berjalan (transfer data) atau bisa pula proses dari virus yang sedang bekerja.
S

Read more at: http://vayoga.blogspot.com/2009/08/tips-agar-flash-disk-awet-tahan-lama.html
Copyright vayoga.blogspot.com Under Common Share Alike Atribution

Tidak ada komentar:

Posting Komentar