Laman

Sabtu, 28 Juli 2012

Spanyol, Brasil atau Inggris Raya?

Pesta olahraga dunia Olimpiade 2012 akan segera dibuka di London, Jumat (27/7/2012). Namun, seperti yang sudah-sudah, cabang olahraga sepakbola tetap jadi salah satu cabang yang paling diminati.

Sepakbola memang selalu jadi salah satu primadona di tiap perhelatan olahraga, tak terkecuali Olimpiade. Di Olimpiade kali ini, 16 tim siap bertarung memperebutkan medali emas. Mereka akan terbagi menjadi empat grup dan akan memulai perjuangan mereka di babak penyisihan grup mulai, Kamis (26/7/2012) malam nanti.

Menilik ke-16 tim yang ambil bagian, Timnas U-23 Spanyol diplot sebagai favorit utama juara. Hal ini tak lepas dari kesuksesan tim senior mereka yang sukses merajai Eropa dan Dunia dalam enam tahun terakhir.

Kebetulan, pada ajang ini skuad La Rojita -julukan tim junior Spanyol- diperkuat tiga pilar yang jadi bagian sukses Spanyol juara Euro 2012, yakni Juan Mata, Javi Martinez dan pemain  anyar Barcelona, Jordi Alba.

Akan tetapi, perjuangan Spanyol untuk bisa meraih medali emas dipastikan tidak akan mudah. Salah satu tim kuda hitam, Jepang serta Honduras dan Maroko siap mengganjal ambisi La Rojita untuk melenggang dari grup D. Selain itu, juara bertahan (Olimpiade 2008), Argentina dengan Lionel Messi-nya juga tidak ambil bagian lantaran tidak lolos kualifikasi.

Di partai pertama siang nanti (waktu setempat), Spanyol akan memulai perjuangannya dengan langsung menghadapi Jepang di Hampden Park. Sementara Honduras akan bertarung dengan Maroko.

Status favorit ternyata bukan hanya milik Spanyol, tapi juga milik Timnas Brasil. Ya, tim arahan pelatih tim senior, Mano Menezes ini juga dipercaya punya kapasitas untuk merebut medali emas pertamanya.

Penunjukkan Brasil sebagai favorit tak lepas dari komposisi skuad yang diboyong skuad Selecao. Selain tiga tambahan pemain di atas U-23, seperti Thiago Silva (27), Hulk (26) dan Marcelo (24), Brasil juga diperkuat sejumlah nama top macam, Paulo Henrique Ganso, Alexandre Pato, Lucas Moura dan striker Neymar da Silva.

Di fase grup, Brasil juga akan mendapat lawan yang lumayan sulit. Tim Samba berada di Gruup C bersama Mesir, Belarusia dan Selandia Baru. Pada pertandingan pertama, malam nanti, Brasil akan langsung menghadapi Mesir di Millennium Stadium.

Terakhir, tuan rumah Inggris Raya pun digadang-gadang sebagai favorit juara. Dukungan publik, plus pemain-pemain yang kebanyakan berlaga di pentas Premier League, diharapkan bisa memberikan tambahan motivasi buat Ryan Giggs yang diplot sebagai kapten.

Inggris sendiri tergabung di grup yang terbilang cukup sulit. Berada di Grup A, Inggris Raya harus bersaing memperebutkan dua tiket ke babak perempatfinal dengan Senegal, Uni Emirat Arab serta tim kolektor dua medali emas, Uruguay yang kali ini datang dengan mengandalkan dua bomber andalannya Edinson Cavani dan Luis Suarez.

Uruguay akan memulai perjuangannya dengan menghadapi Uni Emirat Arab, sementara Inggris Raya akan menghadapi tantangan Senegal.

Pembagian grup Olimpiade 2012:

Grup A:
Inggris Raya, Senegal, Uni Emirat Arab, Uruguay

Grup B: Meksiko,Korea Selatan, Gabon, Swiss

Grup C: Brasil, Egypt, Belarusia, Selandia Baru

Grup D: Spanyol, Jepang, Honduras, Maroko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar